Guru merupakan ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan,
dimana guru akan melakukan interaksi landsung dengan peserta didik dalam
pembelajaran di ruang kelas. Melalui proses belajar dan mengajar inilah
berawalnya kualitas pendidikan. Artinya, secara keseluruhan kualitas
pendidikan berawal dari kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru di ruang kelas.
Secara kuantitas, jumlah guru di Indonesia cukup memadai. Namun secara
distribusi dan mutu, pada umumnya masih rendah. Hal ini dapat
dibuktikan dengan masih banyaknya guru yang belum sarjana, namun
mengajar di SMU/SMK, serta banyaknya guru yang mengajar tidak sesuai
dengan disiplin ilmu yang mereka miliki. Keadaan ini cukup
memprihatinkan, dengan prosentase lebih dari 50% di seluruh Indonesia.
Menurut data Kemendiknas 2010 akses pendidikan di Indonesia masih perlu
mendapat perhatian, lebih dari 1,5 juta anak tiap tahun tidak dapat
melanjutkan sekolah. Sementara dari sisi kualitas guru dan komitmen
mengajar terdapat lebih dari 54% guru memiliki standar kualifikasi yang
perlu ditingkatkan dan 13,19% bangunan sekolah dalam kondisi perlu
diperbaiki.
Hal ini seharusnya menjadi salah satu titik berat perbaikan sistem
pendidikan di Indonesia, mengingat semakin maju-nya suatu negara bermula
dari pendidikan yang berkualitas, pendidikan yang berkualitas bermuara
dari pembelajaran yang berkualitas, pembelajaran yang berkualitas
dimulai dari pengajar yang berkualitas pula.
- Menurut Education Development Index (EDI) Indonesia berada pada posisi ke-69
Berdasarkan data, perkembangan pendidikan Indonesia masih tertinggal
bila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Menurut
Education For All Global Monitoring Report 2011 yang dikeluarkan oleh
UNESCO setiap tahun dan berisi hasil pemantauan pendidikan dunia, dari
127 negara, Education Development Index (EDI) Indonesia berada pada
posisi ke-69, dibandingkan Malaysia (65) dan Brunei (34).
- Sebaran indeks kualitas Guru di Indonesia setengah nilai maksimal indeks
Sebaran indeks kualitas Guru di Indonesia setengah nilai maksimal indeks dimana nilai maksimal adalah 11.
Sumber: Analisis Data Guru 2009, Ditjen PMPTK 2009
- Delapan Standar Nasional Pendidikan diharapkan mengangkat kualitas pendidikan di Indonesia.
UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dijabarkan
diantaranya dalam Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 mengenai Delapan
Standar Nasional Pendidikan diharapkan mampu mengangkat kualitas
pendidikan di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar